Inovasi UMKM Pempek Palembang Saat Pandemi Covid-19


 Wabah Covid-19 di Indonesia membuat sebagian besar penghasilan usaha di beberapa bagian terjun bebas. Sama seperti dengan pebisnis kulineran pempek Palembang, sebagai salah satunya Usaha Mikro, Kecil serta Menengah (UMKM) dengan penghasilan yang menarik.

Perhatikan Situs Togel Yang Bisa Dipercaya

Ketua Federasi Pebisnis Pempek (ASPPEK) Yeni Anggraini mengutarakan, sebab imbas wabah Covid-19 beberapa bulan akhir, penghasilan pemasaran pempek Palembang berkurang mencolok.


"Waktu wabah Covid-19 ini pemasaran pempek Palembang turun sampai 70 %. Sebab situasi ini, kami kerja keras serta memikir bagaimana bertahan dengan situasi saat ini," katanya, waktu dicatat Jumat (23/10/2020).


Salah satunya pengembangan yang dilaksanakan beberapa UMKM pempek Palembang, yakni dengan membuat paket beku kulineran ini. Sebab, makanan ini akan tahan lama serta dapat dikirim ke beberapa wilayah dengan situasi yang bagus.


Pemasaran juga lebih beberapa dari sosial media (sosmed), hingga banyak beberapa aktor UMKM pempek Palembang yang mau tak mau tutup toko fisiknya.


"Jika dahulu paket biasa dapat kami kirim dalam jumlah banyak. Saat ini paket harus frozen food, supaya bisa dikirim ke luar kota dengan online," katanya.


Sejauh ini, beberapa aktor UMKM pempek Palembang telah kantongi 11 izin edar. Tetapi mereka kembali lagi terhalang, adanya izin edar Makanan Dalam (MD) yang perlu dikantongi bila mengepak pempek Palembang berbentuk frozen food.


Dengan memakai skema frozen food, pemasaran pempek Palembang beberapa aktor usaha dapat bertambah sampai 30 %.


"Di situasi saat ini tetap harus survive. Dan kita jadi aktor usaha, tetap harus jalan, diantaranya jual pempek Palembang paket frozen. Cukup mendongrak pemasaran, walau tidak seramai sebelumnya wabah Covid-19," tuturnya.


Menurut pemilik usaha Pempek Check Molek Palembang ini, mereka dengan kelompok akan setahap mengatur izin edar MD itu.


Tetapi dia mengaku, dari 145 UMKM yang bergabung dalam ASPPEK Palembang, baru 1 UMKM yang telah kantongi izin edar MD.


"Rekan-rekan bukan tidak ingin mengatur, tetapi dengan situasi saat ini, kita perlu publikasi (pengurusan izin edar MD)," katanya.


Mereka juga suka, sebab potongan harga sampai 50 % untuk pengurusan izin edar dari Balai Besar Pemantauan Beberapa obat serta Makanan (BBPOM) Palembang.


Ini Ia Pempek Legendari di Indonesia yang Telah Berdiri Sepanjang 24 Tahun


Postingan populer dari blog ini

Having said that, needs to the federal authorities determine towards select the planning, after that it has to think about many traits

One of the greatest fears of Chinese parents is coming true:

What should I give my child’s teacher