Wamen Budi Arie Resmikan Rumah Keong Pusat Pengembangan Produk Desa


 

KLUNGKUNG - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dikawal Sekretaris Wilayah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra terima Lawatan Kerja Kelompok Wakil Menteri Desa, Pembangunan Wilayah Ketinggalan, serta Transmigrasi (PDTT) Republik Indonesia diperintah Wakil Menteri Desa, Pembangunan Wilayah Ketinggalan, serta Transmigrasi Indonesia Budi Arie Setiadi dalam acara Kick Off RIF NSLIC/NSELRED berada di Balai Desa Batununggul Kecamatan Nusa Penida pada Jumat (4/9/2020).

Lawatan kerja itu berkaitan dengan gagasan penerapan Program RIF di Kabupaten Klungkung. Dalam Pekerjaan itu diisi Webinar dengan topik Peningkatan "Rumah Keong" untuk pusat serta semua pekerjaan rantai nilai peningkatan produk turunan Pertanian dalam memberikan dukungan Program Pariwisata.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam pemaparannya mengenalkan jika Kabupaten Klungkung memiliki Program pengembangan Gema Santi (Pergerakan Warga Santun serta Inovatif) Pemkab Klungkung serta lewat Gema Santi ini, di tahun 2018 saat Kabupaten Klungkung ikuti lomba Pengembangan, Kabupaten Klungkung jadi salah satu di Kabupaten di Bali yang masuk ke TOP 40.

"Lewat spirit Gema Santi, warga Klungkung bisa jadi SDM yang santun serta inovatif, buat membuat Kabupaten Klungkung yang unggul serta sejahtera", tutur Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta menerangkan tentang kekuatan yamg dipunyai, geografis, infrastruktur serta perekonomian warga di Nusa Penida.

Bupati Suwirta dalam peluang itu berterima kasih atas perhatian yang diberi oleh pemerintah Pusat pada Kabupaten Klungkung.

Berkaitan dengan beberapa posisi yang telah disandang oleh Nusa Penida, salah satunya Teritori Konservasi Perairan, KPPN serta posisi yang lain, Bupati Suwirta menginginkan supaya posisi yang didapat oleh Nusa Penida itu bisa dimaksimalkan oleh pemerintah Pusat.

"Jika Nusa Penida bisa dikerjakan dengan cara Maksimal, karena itu Kabupaten Klungkung bisa jadi Kabupaten yang unggul serta sejahtera", tutur Bupati Suwirta.

"Dengan terwujudnya KPPN di Nusa Penida karena itu bisa tingkatkan kualitas service publik sosial ekonomi, pendayagunaan serta menyejahterakan warga dalam kawasannya", sambungnya.

Bupati Suwirta menerangkan jika Rumah Keong yang disebut hasil pertanian warga ditempat mencakup, rumput laut, Poh Nusa (buah manga Nusa Penida), kelapa, serta singkong. Dengan keinginan jika Rumah Keong bisa jadi keunikan kenang-kenangan buat pelancong yang bertandang ke Nusa Penida.

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Wilayah Ketinggalan, serta Transmigrasi Indonesia Budi Arie Setiadi menerangkan tentang Program Dana Pengembangan Responsive atau Responsif Innovation Fund (RIF) Step Ke-3 adalah Project National Dukungan for Local Investment Climates/National/ Dukungan for Enhancing Local and Regional Economic Development (NSLIC/NSELRED), adalah Kerja sama kerja sama di antara Pemerintah Indonesia lewat Kementerian Rencana Pembangunan Nasional (PPN)/BAPPENAS serta Pemerintah Kanada lewat Global Affairs Canada (GAC).

Wamen Desa PDTT RI Budi Arie Setiadi menginginkan supaya Kabupaten Klungkung bisa jadi perintis program pergerakan pergantian petani muda Indonesia di Bali serta Organik Movement. "Kekuatan yang berada di Nusa Penida ini harus bisa dioptimalkan lewat pendayagunaan kenaikan kemampuan warga desa, hingga bisa memaksimalkan kekuatan yang ada untuk tingkatkan kesejahteraan warga Desa", tutur Wamen Desa PDTT RI Budi Arie Setiadi.

"Dengan diputuskannya Kabupaten Klungkung untuk satu dari KPPN, karena itu Kabupaten Klungkung bisa jadi perintis serta contoh yang baik buat peningkatan teritori Pedesaan di Indonesia," berharap Wamen Desa PDTT RI Budi Arie Setiadi.

"Jika pelancong ke Bali harus ingat dengan keelokan Nusa Penida serta Nusa Penida harus dapat jadi simbol pariwisata baru buat Propinsi Bali. Silahkan bersama membuat Nusa Penida agar tingkatkan kesejahteraan warga, ajak Wamen Desa PDTT RI Budi Arie Setiadi.

Wamen Desa PDTT RI Budi Arie Setiadi memberikan tambahan bagian pertanian, perikanan, serta pariwisata yang disebut bagian favorit Indonesia, serta ke-3 bagian itu ada di Kabupaten Klungkung. "Mudah-mudahan Kabupaten Klungkung bisa maju serta jadi contoh buat perkembangan beberapa daerah lain di Semua Indonesia, dengan teritori pedesaan yang inovatif, kreatif mempunyai misi serta visi untuk maju," berharap Budi Arie Setiadi

Dia memperingatkan supaya pergerakan ini harus menyertakan generasi muda Klungkung, sebab desa bisa maju, jika memiliki tiga ketentuan, yaitu pertama ada generasi muda di teritori itu, ke-2 SDM yang inovatif serta kreatif, ke-3 ada keterlibatan masyarakat atau warga.

"Dalam pembangunan ini janganlah sampai cuma jadikan warga untuk pemirsa, tapi harus jadi aktor aktif yang dapat gerakkan perkembangan serta perkembangan buat wilayahnya," pesan Wamen Desa PDTT ini.

Budi Arie Setiadi dikawal Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta serta Sekretaris Wilayah Kabupaten Klunkung I Gede Putu Winastra resmikan Rumah Keong sebagai pusat peningkatan produk pertanian masyarakat desa di Kecamatan Nusa Penida.

Postingan populer dari blog ini

Having said that, needs to the federal authorities determine towards select the planning, after that it has to think about many traits

One of the greatest fears of Chinese parents is coming true:

What should I give my child’s teacher